Teori Abraham Maslow dalam Psikologi Kepribadian

 

Sumber foto: https://images.app.goo.gl/EA8mBaCH8XypznWc9:

       Kebutuhan meta muncul belakangan dalam evolusi perkembangan manusia. Semua makhluk hidup membutuhkan makan dan minum, tetapi hanya manusia yang memiliki kebutuhan aktualisasi diri, mengetahui dan memahami. Karena itu semakin tinggi tingkat kebutuhan yang dimilikinya, semakin jelas beda nilai kemanusiaanya. Kebutuhan yang lebih tinggi muncul belakangan dalam perkembangan individu. Aktualisasi diri baru akan muncul pada usia pertengahan. Bayi hanya memiliki kebutuhan fisiologis dan keamanan, dan pada masa adolesen muncul belonging, cinta, dan esteem. Kebutuhan meta memberi sumbangan yang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang, dalam bentuk kesehatan yang lebih baik. usia panjang, dan memperluas efisiensi biologis. Karena alasan-alasan itulah kebutuhan meta disebut juga kebutuhan berkembang atau kebutuhan menjadi (growth need or being need).

       Perkembangan kepribadian Maslow pada puncaknya adalah pencapaian aktualisasi diri yang merupakan kebutuhan tertinggi dari hirarki kebutuhan manusia. Konsep tujuan hidup ini mirip dengan konsep Arsetif-self Jung, atau realisasi diri dari Horney. Menurutnya perkembangan tujuan mencapai aktualisasi diri itu bersifat alami, yang dibawa sejak lahir. Secara genetik manusia memiliki potensi dasar yang positif. Disamping itu juga memiliki potensi dasar jalur perkembangan yang sehat, lebih mengikuti hakekat alami didalam dirinya.

          Kebutuhan Neorotik merupakan perkembangan kebutuhan yang menyimpang dari jalur alami. Dalam pandangan ini, apa yang baik mendasarkan dan mendekat pada aktualisasi diri dan yang buruk/abnormal adalah segala hal yang menggagalkan atau menghambat aktualisasi diri sebagai hakekat alami kemanusiaan.

           Aktualisasi diri sebagai tujuan final-ideal hanya dapat dicapai oleh sebagian kecil populasi dan dalam presentase kecil. Menurut Maslow rata-rata kebutuhan aktualisasi diri hanya terpuaskan 10%. Kebutuhan aktualisasi diri jarang terpenuhi karen sukar menyeimbangkan antara kebanggaan dengan kerendahan hati, antara kemampuan memimpin dengan tanggung jawab yang dipikul, antara mencemburui orang lain dengan perasaan berharga. Orang akhirnya menyangkal dan menarik diri dari kebutuhan aktualisasi diri karena perkembangan diri justru menyebabkan perasaan takut, terpesona, lemah dan tidak mampu. Orang menyangkal dan menolak kemampuan dan potensi tertingginya serta kreatifitasnya. Maslow menamakan perasaan takut, gamang, perasaan tidak berharga, dan meragukan diri memperoleh kemasyhuran dan aktualisasi diri.

       Orang gagal mencapai aktualisasi diri karena merasa takut menyadari kelemahan dirinya sendiri. Masyarakat dapat mendorong aktualisasi diri. Maslow mengemukakan dua jalur aktualisasi diri, yaitu jalur belajar mengembangkan diri secara optimal pada semua tingkat kebutuhan hirarki dan jalur pengalaman puncak.


Artikel oleh: Asna Mazaya Mahasiswa PAI INISNU TEMANGGUNG

Posting Komentar

0 Komentar